Fakta Multiple Myeloma yang Harus Diketahui

Fakta Multiple Myeloma yang Harus Diketahui

Lebih dari 34.000 orang akan menerima diagnosis multiple myeloma di Amerika Serikat tahun ini meskipun merupakan kanker darah kedua yang paling umum, multiple myeloma adalah bentuk kanker yang relatif tidak umum, mempengaruhi 0,8 persen pria dan wanita dalam hidup mereka. Meskipun multiple myeloma adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan, ada banyak pilihan pengobatan yang tersedia.

Apa itu multiple myeloma?

Ketika semuanya bekerja dengan benar, sel darah putih yang dikenal sebagai sel plasma membantu melawan infeksi dengan menciptakan antibodi. Dengan multiple myeloma, versi kanker yang abnormal dari sel plasma ini berkembang biak di dalam sumsum tulang Anda. Alih-alih menciptakan antibodi yang sehat, sel-sel kanker mengembangkan protein monoklonal, atau “protein M.” Ini menumpuk di aliran darah dan dapat merusak ginjal dan organ lainnya. Plus, sel-sel myeloma menghasilkan zat lain yang mempercepat pembubaran tulang, membuatnya lebih lemah dan lebih rentan patah.

Faktor risiko dan gejala

Mengapa orang mendapatkan multiple myeloma? Jawabannya tidak diketahui. Namun, ada beberapa faktor risiko multiple myeloma yang meningkatkan kemungkinan Anda terkena penyakit ini:

Usia: Multiple myeloma biasanya bukan kanker anak muda  kebanyakan orang yang didiagnosis berusia di atas 60 tahun.

Jenis Kelamin: Pria sedikit lebih mungkin dibandingkan wanita untuk mendapatkan diagnosis multiple myeloma.

Ras: Orang-orang keturunan Afrika jauh lebih mungkin didiagnosis.

BACA:  Tekanan Darah Tinggi Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Otak

Penyakit sel plasma lainnya: Diagnosis monoklonal gammopathy of undetermined significant (MGUS) juga meningkatkan kemungkinan diagnosis multiple myeloma.

Anda mungkin atau mungkin tidak memperhatikan adanya gejala. Ini bervariasi dari pasien ke pasien, dan gejalanya jarang terlihat pada tahap awal. Selain itu, banyak gejala seperti kelelahan dan kehilangan nafsu makan sulit untuk diidentifikasi sebagai masalah yang signifikan dan juga merupakan gejala umum dari banyak penyakit.

Ini adalah gejala paling umum dari multiple myeloma:

  • Sakit tulang
  • Kelelahan, kabut mental, kebingungan
  • Peningkatan infeksi
  • Kehilangan nafsu makan, mual, sembelit, penurunan berat badan, dan rasa haus yang berlebihan

Diagnosa

Terkadang, multiple myeloma dapat terungkap sebagai bagian dari tes darah standar selama pemeriksaan fisik. Di lain waktu, tanda dan gejala menunjukkan perlunya pengujian lebih lanjut. Penyedia layanan kesehatan Anda (HCP) biasanya akan menggunakan beberapa tes untuk menentukan apakah Anda memiliki multiple myeloma: biopsi sumsum tulang, tes darah dan urin, dan tes pencitraan (seperti CT, MRI atau PET scan, dan sinar-X).

Tes urin dapat mengungkapkan adanya protein M, yang mungkin menunjukkan multiple myeloma. Tes darah juga menunjukkan apakah ada protein M dalam aliran darah Anda, serta kadar kalsium, imunoglobulin, dan faktor lain yang dapat mengindikasikan penyakit tersebut. Pemindaian dan rontgen mengungkapkan apakah tulang Anda melemah atau memiliki lesi, yang sangat terkait dengan kanker.

BACA:  Fakta Menarik Tentang Ginjal yang Perlu Kamu Tahu

Pilihan pengobatan

Banyak pilihan pengobatan yang tersedia untuk multiple myeloma plus, pilihan berkembang dengan cepat karena metode baru diuji dalam uji klinis. Rencana perawatan Anda akan bervariasi berdasarkan kesehatan umum Anda, serta tahap multiple myeloma yang Anda miliki, usia Anda, gejala dan faktor lainnya. Dalam beberapa kasus, HCP Anda bahkan dapat memilih pendekatan “tunggu dan lihat” jika Anda tidak memiliki gejala.

Biasanya, perawatan melibatkan satu atau lebih dari metode berikut:

  • Kemoterapi: Kemo dapat diberikan sebagai pil atau intravena dan menyerang sel kanker yang tumbuh cepat.
  • Terapi yang ditargetkan: Obat ini bekerja dengan presisi untuk menemukan dan menyerang sel kanker.
  • Terapi biologis: Juga dikenal sebagai imunoterapi, perawatan ini bekerja dengan menggunakan sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan sel-sel myeloma.
  • Transplantasi sel induk: Ini menggantikan sumsum tulang Anda yang tidak sehat dengan sumsum tulang yang sehat dari tubuh Anda sendiri atau donor.
  • Radiasi: Radiasi yang ditargetkan digunakan untuk membunuh sel-sel myeloma di area tertentu.

Anda juga mungkin mendapatkan pengobatan untuk kondisi yang berhubungan dengan kanker Anda, seperti anemia, keropos tulang atau masalah ginjal. HCP Anda dapat mendiskusikan pandangan Anda secara keseluruhan termasuk, jika Anda ingin tahu tingkat kelangsungan hidup berdasarkan stadium kanker dan memberikan pandangan mendalam tentang prognosis Anda.

Related Posts

10 Fakta Tentang Dermatitis Kontak Alergi

10 Fakta Tentang Dermatitis Kontak Alergi

Meskipun menemukan diri Anda dengan ruam merah yang gatal mungkin tidak mengancam jiwa, itu bisa sangat tidak nyaman. Seringkali, ruam seperti ini terkait dengan dermatitis kontak alergi….

Tanda Mengejutkan Kesehatan Jantung Anda Berisiko

Tanda Mengejutkan Kesehatan Jantung Anda Berisiko

Gambar itu sangat familiar seorang pria membungkuk, memegangi dadanya kesakitan. Ini adalah simbol universal untuk serangan jantung. Nyeri dada ini, bersama dengan sesak napas dan nyeri yang…

Hubungan Kesehatan Gigi dan Gusi dengan Kesehatan Jantung

Hubungan Kesehatan Gigi dan Gusi dengan Kesehatan Jantung

Kebanyakan orang tahu bahwa flossing setiap hari membantu meningkatkan kesehatan gigi dan gusi, tetapi itu mungkin hanya puncak gunung es. Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kesehatan…

Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Stroke

Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Stroke

Ini adalah fakta yang serius, tetapi inilah fakta terpenting dari semuanya: “Stroke dapat dicegah, dan faktor kuncinya adalah mengendalikan tekanan darah dan berhenti merokok. Lakukan itu dan…

Tekanan Darah Tinggi Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Otak

Tekanan Darah Tinggi Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Otak

Hipertensi dan demensia adalah masalah kesehatan utama bagi mereka di kemudian hari. Hampir setengah dari semua orang dewasa di AS memiliki tekanan darah tinggi, menurut American Heart…

Fakta Menarik Tentang Ginjal yang Perlu Kamu Tahu

Fakta Menarik Tentang Ginjal yang Perlu Kamu Tahu

Ginjal kita adalah salah satu sistem organ penting; kita tidak bisa bertahan jika pekerjaan mereka tidak selesai. Apa yang membuat mereka begitu penting? Ketika berfungsi dengan baik,…