Bagaimana Memilih Obat Pereda Nyeri yang Tepat

Bagaimana Memilih Obat Pereda Nyeri yang Tepat

Kita tidak perlu mengunjungi dokter setiap kali kita menginginkan pengobatan untuk rasa sakit; ada banyak sekali produk yang bisa dipilih di apotek, toko kelontong, atau bahkan pom bensin mana pun! Tersedia tanpa resep tidak menjamin pil itu aman. Faktanya, aksesibilitas yang mudah ini meningkatkan risiko penggunaan yang salah dan penggunaan yang terlalu banyak. Sangat penting untuk memahami cara memilih obat nyeri yang dijual bebas terbaik untuk situasi khusus Anda, dan sama pentingnya, untuk mengetahui obat mana yang harus Anda hindari.

Aspirin, berasal dari kulit pohon willow, adalah obat nyeri asli. Tulisan-tulisan Mesir dari tahun 2000 SM menjelaskan kegunaannya untuk mengontrol rasa sakit dan demam. Ini adalah agen anti-inflamasi yang sangat efektif sehingga merupakan obat pertama yang disarankan oleh dokter untuk beberapa masalah medis, seperti tiroiditis (radang tiroid), dan flebitis (radang pembuluh darah).

Tetapi efek sampingnya yang kuat membatasi kegunaannya dalam skenario yang tidak diarahkan oleh dokter. Misalnya, jika anak-anak mengonsumsi aspirin selama jenis penyakit virus tertentu, mereka dapat mengembangkan kondisi yang berpotensi fatal yang disebut Sindrom Reye. Juga, aspirin adalah iritasi lambung yang kuat dan penyebab umum tukak lambung. Dan itu adalah pengencer darah yang kuat. Ini digunakan untuk mencegah serangan jantung, stroke, dan deep vein thrombosis (pembekuan darah kaki). Namun, efek ini berlangsung sangat lama sehingga ahli bedah akan menunda prosedur elektif selama 2 minggu jika pasien memiliki aspirin dalam sistem mereka.

BACA:  Aktivitas Fisik Menurunkan Gula Darah Setelah Makan

Acetaminophen, paling dikenal sebagai merek populer Tylenol, adalah obat lain yang umum digunakan dan efektif untuk menghilangkan rasa sakit ringan hingga sedang. Tidak seperti aspirin, yang benar-benar dapat mengurangi respons inflamasi yang menyebabkan rasa sakit, acetaminophen hanya bekerja pada gejala yang tidak nyaman tanpa mengubah akar penyebabnya. Keuntungan besar yang dimilikinya dibandingkan obat nyeri lainnya adalah tidak mengganggu perut. Itu membuat acetaminophen menjadi pilihan nomor satu bagi siapa saja yang memiliki masalah perut, seperti maag, refluks asam, atau bahkan hanya “sistem yang rapuh.” Juga, jika Anda perlu mengambil sesuatu dengan perut kosong, ini adalah pilihan terbaik.

Namun, ada dua kerugian besar dari asetaminofen. Pertama, itu dimetabolisme melalui hati, jadi siapa pun yang memiliki masalah hati harus menjauhinya. Ini termasuk seseorang yang mencari obat mabuk; stres alkohol pada hati dari malam sebelumnya secara dramatis meningkatkan potensi toksisitas hati dari obat ini. Kedua, acetaminophen adalah bahan “tersembunyi” di banyak obat bebas dan resep lainnya, sehingga Anda dapat melebihi dosis aman zat ini tanpa menyadarinya.

Ibuprofen, dipasarkan dengan merek “Advil” dan “Motrin,” adalah pereda nyeri yang umum dan efektif lainnya. Seperti aspirin, ini mengurangi ketidaknyamanan dan peradangan yang mendasari/penyebab dan karenanya disebut NSAID (obat antiinflamasi nonsteroid). Efek menguntungkannya bertahan di tubuh lebih lama daripada aspirin, dan tidak berbagi risiko sindrom Reye, sehingga lebih disukai daripada aspirin dalam banyak skenario. Tapi seperti aspirin, itu bisa sangat mengiritasi lambung, dan karenanya harus dihindari oleh siapa saja yang menderita gastritis, maag, atau refluks asam. Selain itu, penggunaan ibuprofen secara teratur dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan peningkatan tekanan darah. Obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh siapa pun dengan kondisi kesehatan ini tanpa arahan dokter.

BACA:  Cara Cepat dan Mudah untuk Meningkatkan Kesehatan Otak Anda

Naproxen, dipasarkan dengan nama merek “Aleve,” adalah NSAID lain yang sangat mirip dengan ibuprofen dalam efek dan efek sampingnya. Efeknya dalam tubuh berlangsung lebih lama daripada ibuprofen, yang mungkin berguna dalam beberapa situasi, tetapi efek samping dari sakit perut, iritasi ginjal, dan peningkatan tekanan darah membatasi keamanannya untuk penggunaan jangka panjang.

Memilih pereda nyeri yang tepat bahkan lebih sulit ketika Anda mempertimbangkan bahwa beberapa merek populer memiliki bahan yang bervariasi atau campuran. Midol, pereda nyeri haid yang sukses, memiliki satu versi yang mengandung acetaminophen, versi lain yang mengandung naproxen, dan versi ketiga yang mengandung ibuprofen! Obat “dingin” yang populer juga memiliki sejumlah besar penghilang rasa sakit selain bahan aktif yang melawan kemacetan. Dan Excedrin, obat sakit kepala, biasanya mengandung asetaminofen dan aspirin.

Dokter berhati-hati memilih obat resep yang tepat untuk pasien mereka. Konsumen harus sama rajinnya dalam memilih obat pereda nyeri over-the-counter yang tepat. Baca bahan-bahannya, jadi Anda tahu persis bahan kimia apa yang Anda dapatkan. Siapapun dengan masalah hati atau penggunaan alkohol berat baru-baru ini harus menghindari asetaminofen. Ibuprofen dan naproxen, di sisi lain, harus dihindari oleh mereka yang memiliki masalah perut, ginjal, atau tekanan darah. Dan aspirin harus disediakan untuk orang dewasa. Perannya yang paling penting adalah pencegahan gumpalan, bukan pereda nyeri. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda. Ini adalah mesin yang luar biasa!

BACA:  Kekeringan Vagina: Gejala, Penyebab dan Cara Pengobatan

Related Posts

Kekeringan Vagina: Gejala, Penyebab dan Cara Pengobatan

Kekeringan Vagina: Gejala, Penyebab dan Cara Pengobatan

Kekeringan vagina dapat menyebabkan hubungan seksual yang menyakitkan dan nyeri panggul yang persisten, di antara gejala lainnya. Meskipun lebih sering terjadi pada wanita menopause, itu juga mempengaruhi…

Aktivitas Fisik Menurunkan Gula Darah Setelah Makan

Aktivitas Fisik Menurunkan Gula Darah Setelah Makan

Pernahkah Anda berhenti dan bertanya-tanya kapan waktu optimal untuk makan dan berolahraga? Ada ratusan penelitian yang dilakukan tentang topik ini, dan beberapa orang (apakah mereka penderita diabetes…

Pertolongan Pertama untuk Luka Bakar

Pertolongan Pertama untuk Luka Bakar

Tidak ada yang merusak malam musim panas seperti sengatan matahari yang buruk. Namun, sengatan matahari adalah salah satu kondisi musim panas yang paling umum. Mereka dapat terjadi…

Rekomendasi Produk Wajah

Rekomendasi Produk untuk Menghilangkan Rasa Gatal dan Merah di Wajah

Rasa gatal dan kemerahan di wajah bisa saja terjadi jika Anda mempunyai efek alergi atau tidak cocok dengan udara dan lingkungan sekitar. Bukan termasuk masalah wajah yang…

Cara Cepat dan Mudah untuk Meningkatkan Kesehatan Otak Anda

Cara Cepat dan Mudah untuk Meningkatkan Kesehatan Otak Anda

Apakah hari-hari Anda tidak terlalu menuntut secara mental sekarang setelah Anda pensiun, atau Anda sangat sibuk sehingga Anda bahkan tidak punya waktu untuk sudoku, semua orang dapat…