10 Fakta Tentang Asam Urat yang Wajib Ketahui

Shintia M

10 Fakta Tentang Asam Urat yang Wajib Ketahui

Di masa lalu, orang memiliki sedikit pemahaman tentang asam urat. Istilah “asam urat” awalnya berasal dari bahasa Latin “gutta” yang secara harfiah diterjemahkan menjadi “jatuh.” Itu dianggap berasal dari “setetes” humor buruk di sendi yang meradang di abad ke-13. Hari ini, tidak seperti masa lalu, kita tahu apa yang menyebabkan serangan asam urat dan memiliki pilihan pengobatan yang sangat efektif.

  1. Asam urat terjadi ketika kelebihan asam urat, produk sampingan dari pemecahan purin, terkumpul di dalam tubuh. Purin adalah senyawa yang ditemukan di banyak makanan umum.
  2. Selama serangan asam urat, pasien mengalami rasa sakit, kehangatan, pembengkakan, dan kemerahan dengan hipersensitivitas kulit di sekitar sendi.
  3. Hingga 50% kasus asam urat terjadi pada sendi metatarsalphalageal pertama, di mana jempol kaki terhubung dengan kaki, tetapi serangan asam urat dapat terjadi di hampir semua sendi.
  4. Usia lanjut, obesitas, dan konsumsi alkohol adalah tiga faktor risiko utama untuk perkembangan asam urat.
  5. Asam urat biasanya terjadi dalam tiga fase. Yang pertama ditandai dengan rasa sakit dan pembengkakan yang tiba-tiba, yang biasanya sembuh dalam 7 10 hari. Ini diikuti oleh periode dormansi yang pendek atau panjang, kemudian serangan gout yang tiba-tiba berulang.
  6. Beberapa pasien dapat melihat peningkatan gejala flare saat mengidentifikasi “pemicu” kaki. Makanan tinggi purin, termasuk kerang dan daging merah, jeroan, sarden dan ikan teri, alkohol (terutama bir dan anggur), minuman manis dan makanan yang tinggi fruktosa adalah penyebab utama. Namun, menghindari makanan ini saja mungkin tidak cukup mengubah kadar asam urat untuk membuat perbedaan.
  7. Sebaiknya temui penyedia perawatan primer Anda jika Anda mencurigai kasus asam urat, yang mungkin memesan tes darah dan dapat merekomendasikan rejimen anti-inflamasi atau obat lain untuk membantu.
  8. Obat-obatan tertentu seperti diuretik dapat mempersulit penyakit ini.
  9. Dalam kasus yang serius, penyedia Anda mungkin juga menyarankan Anda menemui ahli reumatologi untuk perawatan lebih lanjut.
  10. Jika tidak diobati, pasien terkadang mengalami pembengkakan permanen atau persisten, nyeri dan kekakuan sendi ringan hingga sedang, dan adanya endapan asam urat yang disebut “tophi.” Artritis destruktif dapat secara langsung berkorelasi dengan flare berulang dan pengobatan yang tertunda.

Asam urat bisa agak rumit untuk diobati, tetapi itu sepadan dengan waktu dan usaha. Mengobati dengan sukses akan menghindari konsekuensi jangka panjang yang menyakitkan.

Avatar photo

Shintia M

Shintia M adalah penulis lifestyle yang mengkhususkan diri dalam topik kesehatan, kecantikan, dan busana. Dengan pendekatan yang holistik, Shintia memberikan panduan praktis untuk mencapai gaya hidup yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Tags

Share:

Related Post