10 Fakta Tentang Dermatitis Kontak Alergi

Shintia M

10 Fakta Tentang Dermatitis Kontak Alergi

Meskipun menemukan diri Anda dengan ruam merah yang gatal mungkin tidak mengancam jiwa, itu bisa sangat tidak nyaman. Seringkali, ruam seperti ini terkait dengan dermatitis kontak alergi. Berikut beberapa informasi yang dapat membuat mengatasi kondisi ini sedikit lebih mudah dikelola.

  1. Dermatitis kontak alergi disebabkan oleh kontak langsung dengan suatu zat. Reaksi dapat terjadi bahkan jika Anda telah terpapar suatu zat dengan aman selama beberapa tahun.
  2. Gejala umumnya termasuk ruam merah yang gatal dan menonjol. Kasus yang lebih parah dapat menyebabkan terik. Lepuh dapat menghasilkan sensasi terbakar dan nyeri tekan. Mereka bisa membengkak, mengeluarkan cairan, dan mengeras.
  3. Ruam biasanya muncul dengan sendirinya 12 – 48 jam setelah terpapar alergen, meskipun mungkin tidak muncul selama berminggu-minggu dalam kasus tertentu.
  4. Alergen umum yang menyebabkan dermatitis kontak termasuk nikel (yang digunakan dalam perhiasan, kancing, ritsleting dan kancing), obat-obatan, insektisida, kosmetik, deodoran, sabun mandi, pelembut pakaian, losion, dan pewarna rambut. Tanaman seperti poison ivy dan ubi liar keduanya umum di tempat kita tinggal dan menyebabkan dermatitis kontak alergi pada banyak orang.
  5. Pencegahan selalu yang terbaik. Hindari kontak dengan alergen dengan meletakkan sesuatu di antara Anda dan mereka. Mengenakan pakaian pelindung atau mengoleskan krim atau gel penghalang ketika Anda memiliki alasan untuk mencurigai Anda mungkin mengalami poison ivy, misalnya, adalah pencegah yang baik. Cobalah produk yang dijual bebas yang mengandung bentoquatam, seperti IvyBlock.
  6. Jika Anda merasa telah menemukan alergen, cuci kulit Anda. Anda mungkin dapat menghilangkan beberapa zat penyebab ruam sebelum menimbulkan masalah. Gunakan sabun lembut bebas pewangi dan air hangat. Bilas sepenuhnya.
  7. Perhatikan bahwa Anda dapat mengambil alergen tanaman dari hewan peliharaan atau pakaian Anda, jadi cucilah juga untuk menghentikan paparan lebih lanjut.
  8. Hindari gatal, jika memungkinkan. Sebagai gantinya, gunakan kompres basah yang dingin dan gunakan krim anti-gatal, seperti losion kalamin, untuk meredakan gatal. Ruam tidak menular dan biasanya hilang dengan sendirinya setelah 2 4 minggu.
  9. Jika ruam menjadi tidak nyaman sampai mengganggu tidur atau aktivitas sehari-hari, jika itu mempengaruhi wajah atau alat kelamin Anda, menyebar luas, berlangsung lebih dari 3 minggu, atau jika terinfeksi, Anda harus menemui dokter atau penyedia rekanan, karena mereka mungkin meresepkan obat untuk membantu meringankan gejala.
  10. Dimungkinkan untuk mendapatkan dermatitis kontak di paru-paru, mata, dan saluran hidung Anda. Jika terasa sakit dan meradang, mungkin karena menghirup alergen, atau jika menurut Anda ruam telah merusak lapisan mukosa mulut dan saluran pencernaan Anda, temui dokter atau penyedia rekanan Anda.

Spencer Ciancola, PA, bekerja di SVMC ExpressCare dan Pusat Evaluasi Pernapasan. ExpressCare baru-baru ini dipindahkan ke 120 Hospital Drive di Bennington. Pasien dapat menerima vaksinasi COVID-19 di tempat praktik pada pukul 08.00 18.00. setiap hari.

Avatar photo

Shintia M

Shintia M adalah penulis lifestyle yang mengkhususkan diri dalam topik kesehatan, kecantikan, dan busana. Dengan pendekatan yang holistik, Shintia memberikan panduan praktis untuk mencapai gaya hidup yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Tags

Share:

Related Post