Fakta Menarik Tentang Ginjal yang Perlu Kamu Tahu

Shintia M

Fakta Menarik Tentang Ginjal yang Perlu Kamu Tahu

Ginjal kita adalah salah satu sistem organ penting; kita tidak bisa bertahan jika pekerjaan mereka tidak selesai. Apa yang membuat mereka begitu penting? Ketika berfungsi dengan baik, mereka menjaga sistem kita tetap seimbang.

Ketika mereka berhenti bekerja, hasilnya disebut ginjal atau gagal ginjal. (Perhatikan bahwa istilah Latin ginjal, yang berarti ginjal, digunakan secara bergantian dalam pengobatan, seolah-olah hal itu belum cukup membingungkan!) Hidup berakhir, kecuali dialisis atau transplantasi ginjal dilakukan.

Sebelum pertengahan abad kedua puluh, ketika kedua prosedur ini dikembangkan, gagal ginjal adalah hukuman mati. Mozart, Emily Dickinson, dan Presiden Chester A. Arthur semuanya menyerah pada ini. Dan, karena masih belum ada obat untuk penyakit ginjal lanjut, pencegahan adalah pilihan terbaik Anda.

Salah satu peran penting dari sistem ginjal adalah untuk menjaga jumlah air yang stabil dalam tubuh. Terlalu banyak dan jantung kelebihan beban dan paru-paru terisi cairan. Mereka kemudian tidak dapat menyerap oksigen.

Tidak cukup dan sirkulasi melambat, menghilangkan semua organ oksigen dan nutrisi yang diperlukan. Ginjal yang sehat membutuhkan sejumlah air untuk melakukan semua pekerjaan luar biasa mereka dan dengan mudah mengeluarkan jumlah yang tepat dari air yang tidak perlu sebagai urin.

Namun, jika kita kekurangan cairan, mereka tidak dapat bekerja dengan baik dan dapat mengalami kerusakan permanen. Jadi salah satu cara dasar untuk meningkatkan kesehatan ginjal adalah dengan minum banyak air. Pria harus mengonsumsi setidaknya 3 liter cairan per hari, wanita setidaknya 2,2 liter.

Perhatikan bahwa diuretik, seperti alkohol dan kopi, menyebabkan ginjal mengeluarkan lebih banyak cairan yang mereka masuki, sehingga tidak dihitung sebagai asupan cairan yang membantu.

Tugas penting lain yang dilakukan ginjal adalah membuang nitrogen urea, partikel beracun dalam tubuh, yang tersisa dari metabolisme protein. Ini adalah zat yang mematikan jika hadir dalam konsentrasi tinggi.

Faktanya, gagal ginjal dulu disebut “keracunan uremik.” Dokter dengan mudah memantau kesehatan sistem ginjal dengan memeriksa kadar zat ini menggunakan tes darah rutin. Asupan air yang cukup membantu ginjal mengeluarkan nitrogen urea, tetapi juga sangat penting bahwa Anda tidak membebani protein, terutama jenis sintetis/bubuk, karena ini akan membebani kemampuan detoksifikasi ginjal.

Suplemen protein dosis tinggi, seperti yang disebut-sebut untuk pembentukan tubuh, bisa sangat merusak. Berpegang teguh pada sumber protein alami, seperti daging tanpa lemak, telur, susu, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan akan memastikan Anda tidak membebani sistem ini secara berlebihan.

Natrium (garam), kalium, kalsium, fosfor, dan klorida adalah mineral utama dalam sistem Anda. Mereka merupakan bagian integral dari fungsi sel normal di setiap organ. Bahkan sedikit ketidakseimbangan dapat memiliki efek buruk pada kesehatan Anda.

Ginjal mampu menstabilkan kadar melalui mesin elegan yang menghasilkan penyimpanan mineral jika kadarnya mulai menurun dan membuang mineral tambahan jika kadarnya mulai terlalu tinggi.

Anda dapat membantu ginjal Anda tetap bugar dengan memastikan Anda memiliki jumlah yang cukup dari mineral penting ini dalam makanan Anda. Buah-buahan dan sayuran segar adalah sumber yang luar biasa.

Minuman atletik, seperti Gatorade, juga sangat membantu saat kebutuhan hidrasi tinggi, seperti saat berolahraga berat atau saat menderita sakit maag. Mengandalkan hanya pada air biasa selama situasi ini dapat menyebabkan kekurangan mineral dan ketegangan fungsi ginjal.

Terakhir, meskipun banyak orang tidak menyadarinya, ginjallah, bukan jantung, yang mengatur tekanan darah. Ginjal memiliki sensor yang sangat responsif di dinding pembuluh darah dan tabung filtrasinya yang mendeteksi tekanan saat ini dan memicu perubahan, jika tidak ideal.

Mereka melakukan ini terutama dengan menyesuaikan tingkat enzim yang diproduksi ginjal yang disebut renin. Jika tekanan darah terlalu rendah, renin ekstra dikeluarkan. Ini mengaktifkan sistem seluruh tubuh untuk mendapatkan tekanan kembali. Peningkatan tekanan darah memiliki efek sebaliknya.

Ini menyebabkan ginjal mengurangi produksi renin. Tetapi sistem ini terbatas kemampuannya untuk mempertahankan tekanan darah yang sempurna tanpa batas jika faktor-faktor lain bekerja melawannya.

Dan jika tekanan darah tinggi berada di luar kemampuan ginjal untuk mengatur secara otomatis, peningkatan tekanan pada banyak arteri halus dan tubulus filtrasi di ginjal akan menyebabkan jaringan parut. Sistem ini kemudian tidak akan dapat melakukan semua tugasnya yang penting, bahkan kemampuannya untuk membantu mengontrol tekanan darah akan hancur.

Inilah sebabnya mengapa tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol adalah penyebab paling umum kedua dari gagal ginjal. Ini juga mengungkapkan mengapa mengendalikan tekanan darah, lebih cepat daripada nanti, sangat penting untuk kesehatan ginjal yang baik.

Kita harus mencintai ginjal kita. Mereka mendetoksifikasi tubuh kita, mereka menyeimbangkan air dan mineral, dan mereka membantu menjaga tekanan darah kita di tempat yang seharusnya.

Berbaik hatilah pada organ yang menakjubkan ini dengan memastikan untuk minum cukup cairan setiap hari dan dengan makan makanan yang kaya buah dan sayuran sambil mengatur asupan protein. Pastikan untuk memeriksakan tekanan darah Anda setidaknya setahun sekali dan lebih sering jika ada masalah.

Minum obat untuk membantu mengontrol tingkat, jika disarankan. Fungsi ginjal normal sangat penting untuk umur panjang dan bahagia. Upaya yang Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah investasi berharga di masa depan Anda.

Avatar photo

Shintia M

Shintia M adalah penulis lifestyle yang mengkhususkan diri dalam topik kesehatan, kecantikan, dan busana. Dengan pendekatan yang holistik, Shintia memberikan panduan praktis untuk mencapai gaya hidup yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Tags

Share:

Related Post