7 Jenis Makanan Khas Lampung yang Paling Favorit

Shintia M

7 Jenis Makanan Khas Lampung yang Paling Favorit

Lampung, sebuah provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera, Indonesia, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga dengan kekayaan kuliner tradisionalnya yang lezat dan unik.

Makanan khas Lampung mencerminkan beragam budaya dan etnis yang ada di daerah ini, menciptakan hidangan-hidangan yang memikat dan memuaskan lidah setiap pengunjung. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi beberapa jenis Makanan Lampung yang paling favorit dan menarik minat wisatawan dari dalam dan luar negeri.

1. Pindang Ikan

Pindang ikan adalah salah satu hidangan khas Lampung yang sangat populer. Hidangan ini terbuat dari ikan segar yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti kunyit, jahe, dan daun jeruk, yang memberikan rasa yang khas dan lezat. Pindang ikan sering disajikan dengan nasi hangat dan sambal pedas untuk menambah cita rasa.

2. Sate Rembiga

Sate rembiga adalah hidangan sate khas Lampung yang terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan bambu, kemudian dibakar dengan arang hingga matang. Daging sapi ini kemudian disajikan dengan bumbu kacang yang kaya rasa dan sambal pedas yang memukau, menciptakan kombinasi cita rasa yang lezat dan menggugah selera.

3. Otak-otak

Otak-otak adalah makanan laut yang sangat populer di Lampung. Hidangan ini terbuat dari campuran daging ikan yang dicincang halus, tepung tapioka, santan, dan rempah-rempah, kemudian dibungkus dalam daun pisang dan dipanggang hingga matang.

Otak-otak Lampung sering disajikan dengan saus kacang dan potongan jeruk nipis untuk menambah rasa segar dan pedas.

4. Tekwan

Tekwan adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari bola ikan yang dicampur dengan tepung sagu dan rempah-rempah, kemudian direbus dalam kuah kaldu udang yang kaya rasa. Tekwan sering disajikan dengan mie kuning, irisan telur rebus, irisan daun bawang, dan bawang goreng, menciptakan hidangan yang lezat dan menyehatkan.

5. Gulai Taboh

Gulai taboh adalah hidangan khas Lampung yang terbuat dari taboh, yaitu daging kerbau muda yang dimasak dalam kuah santan dengan tambahan bumbu rempah-rempah seperti lengkuas, serai, dan daun salam. Gulai taboh sering disajikan dengan nasi hangat dan sambal pedas, menciptakan hidangan yang gurih dan lezat.

6. Sambal Lala

Sambal lala adalah hidangan sambal khas Lampung yang terbuat dari rempah-rempah segar seperti cabai, bawang merah, bawang putih, tomat, dan terasi, yang dicampur dengan kerang lala segar.

Sambal lala sering disajikan sebagai lauk pendamping nasi hangat atau sebagai pelengkap hidangan utama, menciptakan rasa pedas yang nikmat dan menggugah selera.

7. Kue Putu Mayang

Kue putu mayang adalah kue tradisional khas Lampung yang terbuat dari tepung beras yang dibentuk seperti mayang (bentuk segitiga), kemudian direbus dan disajikan dengan kuah gula merah dan santan. Kue putu mayang sering disajikan sebagai hidangan penutup atau sebagai camilan ringan, menciptakan rasa manis dan lembut yang menggoda selera.

Kesimpulan

Kuliner Lampung menawarkan berbagai hidangan yang lezat dan unik, mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi yang ada di daerah ini. Dari hidangan laut yang segar hingga hidangan daging yang gurih, ada sesuatu untuk semua orang di meja makan Lampung.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai jenis makanan khas Lampung saat Anda berkunjung ke daerah ini, dan rasakan kelezatan dan keunikan Makanan Khas Jambi yang memikat dan memuaskan selera.

Avatar photo

Shintia M

Shintia M adalah penulis lifestyle yang mengkhususkan diri dalam topik kesehatan, kecantikan, dan busana. Dengan pendekatan yang holistik, Shintia memberikan panduan praktis untuk mencapai gaya hidup yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Tags

Share:

Related Post