6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Wajah Keriput dan Tampak Tua

Shintia M

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Wajah Keriput dan Tampak Tua

Sadarkah Anda ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang tampaknya tidak berbahaya tetapi memiliki efek samping jangka panjang yang negatif bagi kulit? Sebelum terlambat, ketahui kebiasaan apa saja yang dapat membuat kulit wajah keriput dan tampak tua.

1. Mengunyah Permen Karet

Terlalu sering mengunyah permen karet dapat menimbulkan pola kerutan tertentu di sekitar mulut Anda. Ini diduga karena gerakan mengunyah yang berulang dapat merusak jaringan pendukung di sekitar bibir sehingga menyebabkan elastisitas kulit melemah.

2. Sering Menyipitkan Mata Karena Silau

Menyipitkan mata di bawah sinar matahari lama-lama akan menimbulkan kerutan jangka panjang di sekitar mata dan dahi. Oleh karena itu saat berada di luar ruangan, Anda wajib melindungi mata dengan kacamata hitam dengan filter UV dan bingkai plastik. Bingkai logam dapat memantulkan sinar matahari ke pipi Anda dan memberi efek buruk.

3. Tidur dengan Tubuh Menyamping

Kebiasaan tidur dengan tubuh menyamping membuat wajah menekan ke bantal saat tidur miring. Hal ini dapat menyebabkan kerutan saat tidur dan menimbulkan garis ekspresi wajah atau membuat garis vertikal baru di dahi, bibir, dan pipi. Sebisa mungkin, cobalah tidur telentang untuk menghindari kerutan.

4. Menatap Layar Komputer/Ponsel Terlalu Lama

Pernah melihat seseorang berkonsentrasi penuh melihat layar komputer/ponsel? Mereka akan cenderung mengerutkan keningnya. Karena itu, beri jarak saat melihat layar laptop Anda. Selain itu, posisikan laptop atau ponsel sejajar dengan wajah setinggi mata agar posisi kepala tidak menunduk. Posisi kepala yang menunduk akan menimbulkan kerutan di leher Anda.

Baca Juga:  Cara Alami untuk Mendapatkan Kulit Sehat

5. Minum Pakai Sedotan

Minum kopi atau teh melalui sedotan dapat mencegah noda pada gigi, tetapi dapat membentuk garis di sekitar bibir. Orang yang rentan terhadap kerutan bibir harus menghindari penggunaan sedotan terlalu sering. Gerakan otot yang berulang memecah kolagen di sekitar mulut Anda, yang menyebabkan lebih banyak lipatan.

6. Sering Menopang Dagu

Kebiasaan menopang dagu juga bisa menimbulkan kerutan di sekitar rahang dan pipi Anda karena kulit akan berkerut saat melakukannya. Jadi, hindari kebiasaan buruk ini terutama saat Anda duduk di meja.

Avatar photo

Shintia M

Shintia M adalah penulis lifestyle yang mengkhususkan diri dalam topik kesehatan, kecantikan, dan busana. Dengan pendekatan yang holistik, Shintia memberikan panduan praktis untuk mencapai gaya hidup yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Tags

Share:

Related Post