Pertolongan Pertama untuk Luka Bakar

Shintia M

Pertolongan Pertama untuk Luka Bakar

Tidak ada yang merusak malam musim panas seperti sengatan matahari yang buruk. Namun, sengatan matahari adalah salah satu kondisi musim panas yang paling umum. Mereka dapat terjadi hanya dalam 15 menit tetapi terkadang tidak diketahui selama berjam-jam. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang sengatan matahari, termasuk cara mencegahnya, mengenalinya, dan cara mengobatinya.

Risiko yang lebih besar. Sangat penting untuk mencegah sengatan matahari. Jauh melampaui beberapa hari atau seminggu ketidaknyamanan yang Anda alami ketika Anda terbakar sinar matahari, ada peningkatan risiko kanker kulit. Dengan setiap luka bakar, risiko Anda meningkat secara substansial. Ini meningkat bagi mereka yang memiliki tahi lalat atau bintik-bintik, kulit putih atau rambut, atau riwayat keluarga kanker kulit.

Baca: Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan – Cek Saldo & Cara Klaim

Mencegah luka bakar. Cara terbaik untuk mencegah sengatan matahari adalah dengan meletakkan sesuatu di antara Anda dan matahari. Keteduhan pohon atau bangunan adalah penghalang yang bagus. Matahari paling panas antara jam 10 pagi dan 4 sore.

Merencanakan waktu di luar ruangan Anda untuk pagi atau sore hari dapat membantu. Pakaian pelindung matahari juga berfungsi dengan baik. Sertakan topi bertepi lebar dan kacamata hitam. (Anda akan terlihat cantik saat Anda mencegah luka bakar).

Perhatikan bahwa ada kemungkinan untuk terbakar melalui beberapa kain. Selain itu, meskipun awan tampak seolah-olah akan memberikan perlindungan, ada kemungkinan terjadi luka bakar pada hari berawan.

Baca Juga:  Kekeringan Vagina: Gejala, Penyebab dan Cara Pengobatan

Kebanyakan orang mengandalkan tabir surya untuk perlindungan matahari. Carilah dan SPF 30 atau lebih tinggi dan indikasi bahwa produk melindungi terhadap sinar UVA dan UVB. Apa yang rumit tentang tabir surya adalah mengetahui apakah Anda telah menutupi kulit Anda secara memadai.

Pastikan untuk mengoleskannya dengan tebal dan menutupi seluruhnya. Anda kemungkinan akan terbakar di mana pun Anda tidak sepenuhnya tertutup. Orang-orang sering mengalami luka bakar di batas pakaian mereka, misalnya.

Oleskan tabir surya di bawah tali baju renang Anda dan sedikit di bawah lengan baju Anda untuk memastikan Anda tertutup. Biarkan tabir surya mengering selama 15 30 menit sebelum terpapar sinar matahari. Dan aplikasikan kembali setiap 2 jam dan setelah berenang atau berkeringat.

Awasi kulit Anda saat berada di luar ruangan dan pindah ke tempat teduh jika sepertinya Anda terbakar. Luka bakar muncul sebagai kulit kemerahan dan hangat. Mereka juga bisa menyakitkan dan gatal. Luka bakar serius datang dengan melepuh atau mengelupas, bengkak, dan sakit kepala.

Dalam beberapa kasus, orang bisa mengalami mual, demam, kedinginan, dan pusing. Dalam kebanyakan kasus, gejala terburuk terjadi 12 24 jam setelah paparan.

Perawatan di rumah. Jika Anda tiba di rumah dan menemukan Anda mengalami luka bakar, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Oleskan waslap bersih yang basah dengan air keran dingin ke area tersebut. Ini akan membantu mengurangi panas di kulit.
  • Gunakan pelembab atau gel setelah matahari. Yang mengandung lidah buaya sangat menenangkan. Losion kalamin mungkin juga terasa nyaman untuk melawan luka bakar. Jika Anda menggunakan losion berbahan dasar minyak, pastikan untuk mendinginkan kulit sebelum mengoleskannya.
  • Ini akan membantu mencegah dehidrasi, yang umum terjadi pada penderita sengatan matahari.
  • Jika lepuh berkembang, jangan pecahkan. Jika pecah dengan sendirinya, bersihkan dengan lembut dengan sabun lembut dan air, oleskan salep antibiotik, dan tutup dengan perban kasa anti lengket.
  • Tidak apa-apa untuk menggunakan pereda nyeri, seperti acetaminophen atau ibuprofen, untuk membantu meminimalkan pembengkakan dan ketidaknyamanan. Gunakan petunjuk dosis pada kemasan. Jika Anda menggunakan ibuprofen, pastikan untuk meminumnya dengan perut penuh. Untuk asetaminofen, pastikan untuk tidak melebihi 3.000 mg dalam periode 24 jam.
  • Hindari lebih banyak paparan sinar matahari sampai kulit Anda benar-benar sembuh.
  • Kulit terbakar yang parah dapat diobati dengan krim hidrokortison yang dijual bebas.
Baca Juga:  Rekomendasi Produk untuk Menghilangkan Rasa Gatal dan Merah di Wajah

Artikel Menarik: Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui SMS & Aplikasi BPJSTKU

Jika Anda memiliki lepuh besar atau jika kulit menjadi putih atau mati rasa, cari perawatan medis. Penyedia Anda mungkin memilih untuk menghilangkan lepuh, karena lepuh besar jarang tetap utuh, dan merawat kulit di bawahnya.

Seperti biasa, hubungi 9-1-1, jika Anda atau seseorang yang bersama Anda tampaknya mengalami gejala terbakar sinar matahari yang tidak dapat dikendalikan, seperti perubahan visual atau kejang. Mereka bisa menjadi tanda penyakit panas yang serius.

Christine Burke, FNP, menemui pasien di SVMC ExpressCare di Bennington. Praktik tersebut baru-baru ini dipindahkan ke Pusat Evaluasi Pernapasan di 120 Hospital Drive di kampus rumah sakit di Bennington.

Avatar photo

Shintia M

Shintia M adalah penulis lifestyle yang mengkhususkan diri dalam topik kesehatan, kecantikan, dan busana. Dengan pendekatan yang holistik, Shintia memberikan panduan praktis untuk mencapai gaya hidup yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Tags

Share:

Related Post