Cara Cepat dan Mudah untuk Meningkatkan Kesehatan Otak Anda

Shintia M

Cara Cepat dan Mudah untuk Meningkatkan Kesehatan Otak Anda

Apakah hari-hari Anda tidak terlalu menuntut secara mental sekarang setelah Anda pensiun, atau Anda sangat sibuk sehingga Anda bahkan tidak punya waktu untuk sudoku, semua orang dapat mengambil manfaat dari kiat-kiat sederhana untuk meningkatkan otak ini.

Kami berbicara dengan Iftekhar Ahmed, MD, seorang ahli saraf dari Research Medical Center di Kansas City, Missouri, untuk mempelajari cara-cara mudah yang didukung sains untuk menjaga pikiran Anda tetap tajam.

Menjaga kolesterol Anda dalam kisaran yang sehat tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi dapat membantu mencegah demensia.

“Anda membutuhkan kolesterol untuk melindungi integritas sel-sel otak Anda,” kata Dr. Ahmed. “Jika kolesterol total Anda turun terlalu rendah, membran sel otak Anda bisa rusak.”

“Di sisi lain, jika kolesterol Anda terlalu tinggi, pembuluh darah kecil di otak Anda bisa tertutup, menghalangi suplai oksigen ke sel-sel Anda,” lanjutnya. “Ini dapat merusak sel-sel otak dan saraf, menempatkan Anda pada risiko kehilangan memori dan masalah neurologis.”

Berikut adalah kisaran aman untuk kolesterol:

  • HDL, atau “kolesterol baik,” di atas 60
  • LDL, atau “kolesterol jahat,” antara 60 hingga 100
  • Kolesterol total antara 140 hingga 200

Penting untuk melakukan pemeriksaan rutin jika Anda mengonsumsi obat penurun kolesterol seperti statin, atau jika Anda berisiko terkena penyakit jantung. Bekerja dengan penyedia layanan kesehatan Anda (HCP) untuk menentukan seberapa sering Anda harus diuji.

Baca Juga:  Rekomendasi Produk untuk Menghilangkan Rasa Gatal dan Merah di Wajah

Pergi jalan kaki selama 30 menit

“Berjalan memiliki beberapa manfaat kesehatan,” kata Ahmed. “Ini dapat meningkatkan kelincahan Anda, menurunkan tekanan darah dan detak jantung, meningkatkan sirkulasi dan melindungi dari kerusakan arteri. Efek ini menguntungkan ingatan Anda secara tidak langsung dengan membantu jantung Anda.”

Tetapi berjalan juga mendukung pikiran Anda secara langsung dengan meningkatkan zat kimia saraf seperti dopamin dan epinefrin, lanjutnya. Otak Anda membutuhkan bahan kimia ini untuk berfungsi dan mengingat ingatan.

Dapatkan lebih banyak dari jalan-jalan Anda dengan mengundang teman atau membawa serta teman berbulu. Hubungan sosial yang kuat dapat menurunkan risiko depresi dan kecemasan, meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan kapasitas Anda untuk mempelajari informasi baru.

“Dengan fungsi kognitif, jika Anda tidak menggunakannya, Anda bisa kehilangannya,” kata Ahmed. Melanjutkan pendidikan di setiap usia dapat melindungi dari demensia dan bahkan memperlambat efeknya.

Satu kelompok peneliti menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang membaca secara teratur, mengunjungi perpustakaan dan terus menulis surat cenderung tidak mengalami perubahan otak yang berhubungan dengan Alzheimer. Orang dewasa yang melakukan aktivitas ini paling sering memiliki sekitar 14 persen lebih sedikit plak dan kusut gumpalan protein yang menumpuk di otak saat Alzheimer berkembang dibandingkan mereka yang lebih jarang membaca.

“Bacalah setiap hari; coba tafsirkan dan tulis komentar tentang apa yang Anda baca,” saran Ahmed. “Sangat penting untuk tetap terlibat sebanyak yang Anda bisa, terutama di masa pensiun. Menggabungkan kelompok sosial dengan membaca atau berolahraga bisa sangat bermanfaat.”

Baca Juga:  Teknik Pijat Wajah untuk Kulit Lebih Kencang dan Muda
Avatar photo

Shintia M

Shintia M adalah penulis lifestyle yang mengkhususkan diri dalam topik kesehatan, kecantikan, dan busana. Dengan pendekatan yang holistik, Shintia memberikan panduan praktis untuk mencapai gaya hidup yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Tags

Share:

Related Post