Aktivitas Fisik Menurunkan Gula Darah Setelah Makan

Shintia M

Aktivitas Fisik Menurunkan Gula Darah Setelah Makan

Pernahkah Anda berhenti dan bertanya-tanya kapan waktu optimal untuk makan dan berolahraga? Ada ratusan penelitian yang dilakukan tentang topik ini, dan beberapa orang (apakah mereka penderita diabetes atau tidak) bersumpah dengan makan dan bergerak pada waktu yang berbeda dalam sehari untuk kebugaran diri mereka yang terbaik.

Untuk membantu upaya Anda, kami pikir perlu mempertimbangkan waktu latihan Anda setelah makan. Waktu terbaik untuk berolahraga setelah makan bervariasi dari orang ke orang. Penelitian telah menunjukkan kadar glukosa mencapai puncaknya dalam waktu 90 menit setelah makan.

Mereka dengan diabetes tipe 2 seharusnya menjaga kadar pada 160 mg/dl dalam waktu dua jam setelah makan. Olahraga mengurangi konsentrasi glukosa, yang berarti ada baiknya untuk mulai berolahraga sekitar 30 menit setelah Anda mulai makan.

Bagaimana Anda Bisa Tahu Apakah ini Waktu yang Aman untuk Berolahraga?

Pertama, ukur gula darah Anda. Jika Anda memulai olahraga dengan gula darah tinggi, itu bisa sangat berbahaya. Jadi, Anda mungkin perlu menunggu sedikit sebelum memulai latihan.

Saat Anda memulai olahraga, tubuh Anda melepaskan hormon stres yang secara singkat dapat meningkatkan gula darah Anda.

Jika tubuh Anda tidak mengelola gula darah Anda dengan baik, itu bisa meningkat terlalu banyak selama setengah jam pertama latihan sebelum mulai turun! Jika kadar gula darah Anda antara 150 dan 180, Anda berada dalam kisaran yang sehat.

Sekarang, Anda siap untuk bergerak! Jenis olahraga apa yang harus Anda lakukan? Terserah kamu! Bahkan aktivitas fisik ringan, seperti berjalan kaki selama 15 menit, dapat berdampak besar pada kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe 1.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang melakukan aktivitas fisik dasar setelah makan memiliki kadar gula darah yang mendekati orang-orang tanpa kondisi tersebut, sedangkan mereka yang tidak banyak bergerak memiliki kadar gula darah yang meningkat.

Intinya adalah, berjalan kaki atau berpartisipasi dalam olahraga yang umumnya berdampak rendah setelah makan dapat memiliki manfaat jangka panjang bagi kesehatan Anda!

Tidak hanya akan menurunkan gula darah Anda, tetapi juga dapat meningkatkan pencernaan, kesehatan jantung, meningkatkan penurunan berat badan, dan membantu mengatur tekanan darah.

Ingin tahu aktivitas lain apa yang bisa Anda lakukan setelah makan? Berikut adalah beberapa ide!

  • yoga
  • Pesta Dansa di Dapur
  • berkebun
  • Berjalan, Joging, atau Bersepeda
  • Bermain roller blade

Bergabunglah dengan Tantangan Komunitas kami untuk tetap di jalur dengan tujuan kesehatan dan kebugaran Anda! Kami mendukung Anda dalam segala hal kesehatan dan dapat memandu Anda melalui olahraga yang menyenangkan dan aman setelah makan, tentu saja!

Avatar photo

Shintia M

Shintia M adalah penulis lifestyle yang mengkhususkan diri dalam topik kesehatan, kecantikan, dan busana. Dengan pendekatan yang holistik, Shintia memberikan panduan praktis untuk mencapai gaya hidup yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Tags

Share:

Related Post