Membuat Keputusan Tentang Seks, Pengendalian Kelahiran, dan Kesehatan

Shintia M

Membuat Keputusan Tentang Seks, Pengendalian Kelahiran, dan Kesehatan

Jelajahi internet dan Anda tidak akan menemukan kekurangan halaman tentang “mengambil alih” atau “merawat” kesehatan seksual dan reproduksi. Tapi apa artinya ini, tepatnya?

Meskipun jawabannya mungkin sedikit berbeda untuk semua orang, ini melibatkan perasaan baik tentang diri Anda dan mengetahui pilihan Anda selaras dengan nilai-nilai Anda. Itu berarti bangga dan menikmati seksualitas Anda.

Mengetahui batasan seksual Anda sendiri dan merasa percaya diri untuk mengomunikasikan batasan tersebut kepada pasangan. Ini mengambil tindakan untuk menghindari penyakit menular seksual (PMS). Itu diberdayakan untuk membuat keputusan tentang apakah, atau kapan, Anda ingin hamil.

Ini mendapatkan pemeriksaan ginekologi rutin dan dapat melakukan percakapan yang jujur ​​dan terinformasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Mengambil alih kesehatan seksual dan reproduksi Anda berarti semua ini dan banyak lagi. Berikut adalah beberapa tip kunci untuk memastikan Anda memberikan perawatan, pemikiran, dan perhatian yang mereka butuhkan.

Tentukan Apa yang Tepat untuk Anda

Seks adalah sesuatu yang pantas Anda nikmati. Ingatlah bahwa terserah Anda untuk memutuskan apakah dan kapan Anda memilih untuk berhubungan seks. Ini berlaku untuk apakah Anda berada dalam hubungan romantis atau tidak.

Dan selalu pastikan Anda berhubungan seks dengan cara yang aman dan sehat. Ada baiknya untuk memeriksa diri sendiri secara teratur: pikirkan nilai-nilai Anda, apa yang Anda cari secara seksual, dan batasan apa pun yang ingin Anda tetapkan untuk diri sendiri. Jawaban-jawaban ini dapat berubah di berbagai tahap kehidupan Anda.

Baca Juga:  Pil KB Dapat Meningkatkan Risiko Pembekuan Darah

Apa yang mungkin juga berubah dalam hidup Anda adalah pemikiran Anda tentang kehamilan. Anda mungkin memutuskan ini bukan waktu yang tepat untuk menjadi orang tua, dalam hal ini, mengambil langkah-langkah untuk mencegah kehamilan adalah kuncinya.

Penyedia layanan kesehatan Anda dapat membantu Anda memahami pilihan Anda untuk pengendalian kelahiran sehingga Anda dapat memilih satu yang sesuai dengan gaya hidup Anda, kesehatan Anda secara keseluruhan, dan di mana Anda melihat diri Anda di masa depan.

Ikuti Terus Janji Temu Ginekologi Anda

Pemeriksaan ginekologi secara teratur adalah aspek penting lainnya untuk menjaga kesehatan seksual dan reproduksi yang baik. Berikut ini ikhtisar bagian penting dari janji temu:

Ujian eksternal. Selama pemeriksaan ini, vulva (bagian luar vagina) akan diperiksa apakah ada luka, luka, atau kelainan lainnya.

Tes pap. Penyedia layanan kesehatan Anda juga akan melakukan tes Pap, yang melibatkan pengumpulan sel-sel dari serviks Anda (bagian bawah rahim Anda yang membuka ke dalam vagina) untuk membantu mendeteksi sel-sel yang berpotensi prakanker dan kanker di serviks.

Diskusi tentang PMS dan kemungkinan skrining. Beberapa PMS tidak menimbulkan gejala, jadi penting untuk jujur ​​dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang pasangan seksual Anda dan apakah perlindungan yang dapat diandalkan telah digunakan.

Penyedia layanan kesehatan Anda akan mengambil informasi ini dan riwayat medis masa lalu Anda untuk menentukan apakah Anda harus diskrining untuk PMS apa pun termasuk human papillomavirus (HPV), yang merupakan PMS paling umum.

Baca Juga:  7 Tips Mengatasi Alergi Musiman dengan Cara Alami

Berbagai jenis HPV menyebar melalui kontak seksual dan berhubungan dengan sebagian besar kasus kanker serviks. Ada pilihan vaksin yang dapat membantu mencegah infeksi oleh jenis HPV tertentu. Selama janji temu Anda, Anda dan penyedia layanan kesehatan Anda dapat berbicara tentang vaksin ini dan apakah masuk akal bagi Anda untuk mendapatkannya.

Kontrol kelahiran check-in. Pemeriksaan ini juga merupakan saat yang tepat untuk membicarakan tentang pengendalian kelahiran apakah Anda sedang berpikir untuk memulainya, sedang mempertimbangkan pilihan lain, atau ingin menghentikan pengendalian kelahiran karena Anda ingin hamil.

Di luar pemeriksaan rutin Anda, Anda harus menjadwalkan kunjungan ke dokter kandungan Anda jika Anda mengalami rasa sakit, perubahan menstruasi, masalah kulit dengan vulva Anda, atau jika Anda memiliki pertanyaan tentang pengendalian kelahiran. Menjadi akrab dengan tubuh Anda dan waspada terhadap sesuatu yang tidak biasa merupakan langkah penting untuk menjaga diri Anda tetap sehat.

Jujurlah Dengan Diri Sendiri, Mitra Anda, dan Hcp Anda

Keterbukaan dan kejujuran tidak hanya akan menguntungkan Anda tetapi juga orang-orang di sekitar Anda. Semakin baik penyedia layanan kesehatan Anda memahami kesehatan Anda secara keseluruhan, semakin baik kemampuan mereka untuk menjawab pertanyaan Anda dan memberi Anda perawatan terbaik.

Juga yang paling penting adalah komunikasi terbuka dengan pasangan Anda tentang seks yang aman, tingkat dan batasan kenyamanan pribadi, pandangan tentang kehamilan, dan banyak lagi. Dengan cara ini, Anda dapat membuat keputusan berdasarkan informasi bersama.

Baca Juga:  Strategi Pencegahan Penyakit Jantung yang Bisa Anda Lakukan Hari Ini

Dan tentu saja, terus jujur ​​pada diri sendiri dan mendidik diri sendiri tentang tubuh Anda, risiko penyakit, pentingnya pemeriksaan kesehatan, dan banyak lagi dapat memberi Anda alat, pengetahuan, dan kepercayaan diri yang Anda butuhkan untuk menjaga kesehatan seksual dan reproduksi yang baik.

Avatar photo

Shintia M

Shintia M adalah penulis lifestyle yang mengkhususkan diri dalam topik kesehatan, kecantikan, dan busana. Dengan pendekatan yang holistik, Shintia memberikan panduan praktis untuk mencapai gaya hidup yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Tags

Share:

Related Post